Jumat, 24 Juni 2016

Cuma Mau Curhat Tentang Kista

Pertama kali saya di vonis ada kista di ovarium kanan dengan ukuran yang sudah lumayan gede kurang lebih 6cm, langsung shock sambil menahan air mata di depan dokter yang menurut saya lumayan ketus, yah mungkin karena tidak semua orang bisa siap menerima pernyataan secara blak blakan dan saya salah satunya. Belum selesai shock nya langsung di tambah pernyataan untuk segera di operasi, what okay saya cuma bilang, keluarga saya jauh dan harus di konsultasikan sambil setengah mati menahan air mata pengen segera keluar dari ruangan praktek si Bu Dokter.

Memang ketika tahun 2009 sempat ngerasain nyeri di bagian pinggang yang ujung-ujungnya saya tahu kalau itu bukan di pinggang tapi di panggul, itu nyerinya bangeett, tapi karena di kira mungkin cuma kurang air jadi ya di biarin aja, haid juga normal-normal aja no worries ketika itu. Baru di pertengahan tahun 2014 siklus haid berubah tuh, pernah gak dapat haid sampai 5 bulan an dan tetap di biarin aja kirain cuma lagi capek dan stress aja walaupun ada perasaan khawatir gak jelas.

Akhir 2014, memutuskan untuk ke dokter, pertama minta rujukan ke dokter di poliklinik kantor trus di kasih rujukan ke RSUD Tarakan katanya biar deket dari kantor. Setelah antri dan konsultasi di kasih obat hormon gitu tanpa di USG plus kalau di tanya kenapa sampai terlambat haid jawaban nya karena kamu tuh kegendutan jadi hormonnya gak teratur, hmm baiklah. Ikuti saran dokter untuk minum obat itu biyuuhh malah jadi pendarahan yang banyak ini haid apa pendarahan siy.

Tetap penasaran karena memang niy panggul tetap aja nyeri sampai ke dokter saraf dan dia bilang kalau ada radang panggul makin yakin deh ke dokter kandungan, balik lagi ke dokter klinik untuk minta rujukan ke rumah sakit lain di RSI Cempaka Putih, itu Januari 2015, nah disini niy baru di USG dan ketahuan ada kista di ovarium kanan.  Dikasih obat minum untuk menghilangkan nyeri dan vitamin.

Dan berniat gak mau balik lagi sama dokter itu ketika itu, akhirnya ganti dokter lagi ke Hermina Jatinegara, karena datangnya malam hari Rabu seingat saya ketika itu tidak ada dokter cewek yang berpraktek ya sudahlah di kasih saran untuk ke Dokter Febriansyah kalo gak salah namanya, disini saya sudah lebih sering pendarahan. Dia orangnya mudah prihatin ma kondisi orang lain kali ya, q di tanya kerja dimana, masih single atau sudah menikah, kenapa ke rumah sakit sendirian aja, haiyaa...tapi karena dia bilang aku punya masalah di hormon dan merasa tidak punya spesialisasi di bidang perhormonan jadinya saya di rujuk lagi ke dr Andon.

Dimulai lah hari-hari meminum Metformin dan Kalnex dan Vitamin, saya terapi sampai malas minum tuh obat, jadi suatu hari saya balik dan bilang ke dokter Andon kalau saya dah malas minum banyak obat, dan akhirnya dia memutuskan untuk memberi saya obat hormon Qlaira namanya yang setelah ku tebus dan ku baca efek sampingnya yang horror itu akhirnya ku buang lah obat itu tidak ku minum. Dan sejak itu tidak kembali ke Dokter Andon lagi sampai Juni 2016, kenapa saya tidak minum obat itu karena, itu punya efek samping ke breast cancer secara saya punya turunan yah makin horror lah.

Selang waktu tidak bertemu dokter Andon, saya mencoba berkonsultasi dengan dr Tadzkiroh di RSI Cempaka Putih, dia menjadi salah satu dokter yang ngasih resep untuk menurunkan berat badan dengan ramuan herbal jahe dan lemon. Tidak banyak yang beliau lakukan mungkin karena memang salah satu cara adalah dengan jalan operasi dan saya masih belum berani untuk memutuskan operasi.

Makin hari makin galau, ukuran kista juga naik 1cm sampai dimana ada satu titik yang saya benar-benar tidak berdaya, mungkin karena kepikiran, tidur gak nyenyak, nangis gak jelas, akirnya curhat ke teman dekat waktu kuliah di Malang dan akhirnya April 2016 memutuskan untuk ke Malang, konsultasi ma dokter langganan dia di RSI Aisyiah, disitu semakin di dorong untuk melakukan operasi, seharusnya Juni mau operasi, tetapi menggalau lagi belum siap cerita ke Ayah, belum siap cerita secara baik-baik.

Awal Juni, akhirnya memutuskan operasi dan balik lagi konsultasi ma dokter yang pertama kali bilang ada kista, yaitu dr Isnariani di RSI Cempaka Putih, jedeeeerrr abis di USG ternyata ini ukuran kista makin membesar dalam jangka waktu yang cuma sebulan dua bulan menjadi 8 cm, dan kembali nangis lagi sambil bayar jadi ingat waktu itu sampai Bapak Kasirnya juga gak berani balikin uang padahal uang saya lebih 50ribu, dia ngembaliinnya bareng-bareng ma sisa kembalian yang lain, tu kan sambil cerita gini tiba-tiba berkaca2 lagi ingat hari itu malam itu setelah magrib. Sayang si dokter ini tidak bisa menggunakan fasilitas BPJS jadinya balik lagi mulai dari awal lagi, mencari rujukan di Faskes pertama ASKES yaitu Puskesmas Kec Matraman, disini saya minta di rujuk ke rumah sakit, saya hanya membawa hasil USG dan rujukan dari dr Isnariani di fotokopi beserta kartu Askesnya terus di kasih ke dokter jaga di poliklinik langsung deh dapat surat rujukan, tetapi karena Jakarta Timur jadinya ya di rujuk ke RS yang berada di Jaktim juga, awalnya mau dikasih ke RSI Kramat biyuhh jauh amat ujung-ujungnya ke RS Hermina Jatinegara.

Pada saat itu, tensi saya lumayan tinggi kayaknya badan udah gak enak bangeet, nafas ngos-ngosan, kolesterol tinggi, asam urat tinggi, tensi tinggi, udah kepikiran mau mati aja,,,,hikssss.....

Terima surat rujukan juga bukan berarti saya langsung ke rumah sakit tetap aja menggalau menunggu sampai 4 hari apa 5 hari tuh baru ke Hermina, balik lagi ke dokter Andon untuk minta rekomendasi dokter Hermina yang paham masalah kista tapi bisa menggunakan fasilitas BPJS karena sebagai informasi dr Andon tidak bisa menggunakan BPJS karena beliau ada di Klinik Eksekutif. Setelah dapat rujukan nunggu sehari lagi baru deh berani urus-urus BPJS. Cukup fotokopi ASKES, KTP, Surat Rujukan dari Faskes Pertama dan KK (kalau yang sudah berkeluarga), antri dengan kondisi badan yang sungguh tidak fit, tekanan batin, stress apalah itu gelisah lah, semuanya campur aduk.

Singkat cerita, ketemu lah ma dokter Ifzal rekomendasi dari dr Andon yang katanya jahitannya bagus, hmm baiklah karena memang sebelumnya saya minta dokter cewek saja tapi beliau menyarankan si dokter ini, humm baiklah saya ikuti saja. Pertama kali ketemu si dokter ini, langsung di USG dan minta mau lihat dalam haa.. what aq langsung spontan ngejawab saya belum menikah dokter, belum lagi pas di liatin kistanya dah nambah 1 cm lagi menjadi 9 x 7 cm ok, baiklah plus ditambah pernyataan dia ini nih harta kekayaan ibu, (dalam hati betee tapi sabar-sabar aja), emang dikira gw suka apa sama harta kekayaan yang kayak gitu, ok everything is fine memutuskan untuk operasi di bulan Juli dan selang waktu itu di kasih obat hormon lagi mirip2 ma Qlaira gitu tapi yang ini namanya Diane, karena masih tetap pendarahan, dan si dokter tanya kenapa gak di minum Qlairany dan saya bilang kalau punya turunan kanker payudara.

**Jadi memang harus di ceritakan saja segala riwayat penyakit yang kita dan keluarga miliki at least untuk meminimalkan efek samping obat.

Sampai hari ini masih minum si Obat Diane yang memang obat KB tuh kayaknya, minumnya sehari sekali setelah makan di jam yang sama kalau lupa ada cara-cara nya yang cukup ribet dan malas baca efek sampingnya tuh obat karena sama-sama aja kek Qlaira.

****Sejak akhir Mei ke Juni dah tes EKG, USG Payudara dan CA 125 alhamdulillah hasilnya baik-baik saja....


Sungguh, sakit itu punya harga, tes ini tes itu konsul ini konsul itu bikin tabungan menipissss.....

*** yang sampai hari ini lupa jenis kista apa yang saya miliki cuma ingat ini kista bening tapi bukan fungsional dan ketika si dokter Andon ngomong jenis kista entah pikiran q lagi dimana...hahahaha...atau mungkin karena aneh namanya...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar